Jumat, 27 Maret 2015

Batu Ini Terus Membesar Jika Terkena Air

LiatAja ~Trovant adalah fenomena geologi yang unik dan menakjubkan. Batu-batu ini dapat membesar, seolah-olah mereka hidup. Trovant dapat ditemukan di sebuah desa kecil di Rumania, Costeşti. Kata trovant adalah sinonim untuk istilah Sandsteinkonkretionen yang dalam bahasa Jerman berarti batuan pasir yang keras.

Batu-batu ini muncul di permukaan bumi setelah terjadi aktivitas seismik yang kuat. Menariknya, trovant memiliki bentuk yang menyerupai bola pasir. Fenomena itu telah terjadi 6 juta tahun yang lalu.

Trovant akan terus membesar ketika mereka terkena air. Trovant kecil berukuran enam sampai delapan milimeter bisa tumbuh menjadi berukuran enam sampai sepuluh meter. Bahkan, beberapa dari mereka dapat bergerak sendiri.

Batu Ini Terus Membesar Jika Terkena Air | liataja.com


Batu Ini Terus Membesar Jika Terkena Air | liataja.com



Batu Ini Terus Membesar Jika Terkena Air | liataja.com

Ada banyak teori yang menjelaskan asal dan perilaku trovant. Namun hingga kini, para ilmuwan masih bingung dengan fenomena itu. Mereka percaya bahwa batu-batu itu mengandung kandungan mineral yang tinggi dan ketika permukaannya basah, mineral itu mulai tersebar, dan menekan pasir sehingga tampak membesar.

LiatAja | Sumber: http://zamrispoon.blogspot.de/2015/03/aneh-batu-ini-terus-membesar-jika.html

Advertiser