Rabu, 11 Maret 2015

Mengintip Pabrik Pembuatan Pesawat Jet Sukhoi Su-34 di Rusia

LiatAja ~ Sebelumnya liataja.com sudah membahas bagaimana pabrik pembuatan kapal rusia pada postingan Mengintip Pabrik Pembuatan Kapal Selam Rusia. Nah kali ini lanjut dengan Mengintip Pabrik Pembuatan Pesawat Jet Sukhoi Su-34 di Rusia.

Sukhoi Su-34 fullback adalah pesawat pembom yang digunakan oleh Angkatan Udara Rusia. pesawat ini menggantikan pesawat Sukhoi Su-24 Fencer yang sudah tua. Tetapi akibat ketidakstabilan ekonomi dan politik proyek pengembangan Su-34 terhenti beberapa kali. Su-34 memiliki desain tubuh yang kami yakin Anda bisa kenali.
http://www.ausairpower.net/VVS/NAPO-Su-34-Demonstrator-3S.jpg

Ya pesawat ini memiliki bagian ekor, badan, mesin, sayap kecil dan ban yang sama dengan pesawat Su-30 MKM. Tahukah Anda Su-34 dan Su-30 kedua-duanya adalah pesawat yang dibangun dari pesawat Su-33 yang digunakan Angkatan Laut Rusia? Karena keterbatasan anggaran dan langkah penghematan biaya, komponen Su-33 digunakan kembali pada pesawat Su30 MKM. Su-30 MKI, Su-34, Su-35, Su-35 dan Su-47. Perubahan kecil pada sistem avionik, kontrol nirkabel, sayap, mesin vektor variabel dan fungsi pesawat membedakan mereka dari satu sama lain.

Indonesia kini tercatat telah memiliki satu skuadron pesawat Sukhoi. Satu skuadron pesawat Sukhoi itu terdiri dari varian SU-27 SKM dan SU-30 MK2. Selain SU-27 dan SU-30 Indonesia kini juga mulai melirik SU-35 untuk menggatikan F5-Tiger yang akan dipensiunkan.

Nah setelah kagum melihat kecanggihan pesawat kita, bagaimana kalau kita liataja bagaimana pesawat canggih Su-34 di produksi?. Stepanov Slava melakukan kunjungannya ke pabrik pembuatan pesawat tempur Su-34 dan menyajikan dalam gambar yang menawan proses pembuatan pesawat tempur canggih Sukhoi Su-34.

Sukhoi Su-34 fullback

Mengintip Pabrik Pembuatan Pesawat Jet Sukhoi Su-34 di Rusia | liataja.com

Proses ini dinamakan sebagai proses elektroplating

Mengintip Pabrik Pembuatan Pesawat Jet Sukhoi Su-34 di Rusia | liataja.com

Mengintip Pabrik Pembuatan Pesawat Jet Sukhoi Su-34 di Rusia | liataja.com

Proses kendali mutu. Alat ini bekerja secara otomatis untuk mengukur bentuk geometri dari masing-masing alat secara presisi. Ketidaksesuaian dengan standar maka bagian tersebut akan di reject

Bagian-bagian tersebut akan dirangkai menjadi bentuk yang kompleks

Mengintip Pabrik Pembuatan Pesawat Jet Sukhoi Su-34 di Rusia | liataja.com

Kembali ke Su-34. Dibandingkan dengan Su-Su yang lain Su-34 fullback berbeda karena ini merpukan sebuah pesawat bombardir dengan ruang memyimpan bom yang jauh lebih besar. Kokpitnya juga berbeda karena pilot dan petugas persenjataan (weapon officer) duduk bersebelah dan tidak secara tandem seperti Su-30 MKM.

Pesawat ini juga memiliki tempat tidur untuk kru istirahat serta toilet. Ini unik karena kebanyakkan pesawat buatan Rusia tidak mementingkan kenyamanan kru yang menerbangkannya. Rusia sudah memesan 152 buah Su-34 fullback untuk meningkatkan pertahanan udaranya. Semua pesawat diperkirakan akan beroperasi tahun 2020.

LiatAja | Sumber: http://blogserius.blogspot.com

Advertiser