Senin, 13 April 2015

Nama Kota Unik Di Amerika Yang BIkin Lidah Terbelit

LiatAja ~ Sudah menjadi hal yang wajar jika nama-nama kota di luar negeri sulit untuk diucapkan. Namun nama kota yang satu ini benar-benar bikin frustasi ketika berusaha mengucapkannya, namanya tidak panjang cuma terdiri dari satu kata namun tidak memiliki huruf vokal, Zzyzx itulah namanya.

Diantara Los Angeles dan Las Vegas, Anda akan melintasi jalan Interstate 15 yang melalui Gurun Mojave. Di sana Anda akan menemukan persimpangan dengan tanda penunjuk arah bertuliskan sebuah area yang sulit untuk dieja, "Jalan Zzyzx" (dibaca "Zye-Zex). Ini adalah jalan tanah dan separuh lagi jalan aspal yang tertutup tanah sepanjang sekitar 6 kilometer.
Jalan ini akan membawa Anda ke sebuah resor terbengkalai yang disebut dengan Zzyzx Springs. Resort ini pernah difungsikan mulai tahun 1940-an sebelum akhirnya ditinggalkan. Kini kawasan itu menjadi Pusat Studi Gurun dimana ada sebuah danau buatan yang menjadi habitat perlindungan dari Mohave tui Chub, spesies semacam ikan yang terancam punah.
Dulunya kawasan tersebut bernama Soda Springs, sebab di sana ada mata air alami yang begitu populer bagi suku Indian. Cerita pembangunan resort Zzyzx dimulai ketika seorang bernama Curtis Howe Springer yang mengklaim dirinya adalah seorang dokter sekaligus pendeta mengklaim sebuah area seluas 12.800 hektar di sekitar mata air tersebut. Tujuannya untuk membangun Mineral Springs dan Health Spa.

Saat itu ia merekrut para tunawisma dari LA untuk mengerjakan resor impiannya tersebut menjadi sebuah kota lengkap dengan bangunan dua lantai yang berisi 60 kamar hotel, kapel, spa dan kolam renang. Hampir selama 30 tahun ia menikmati hasil dari resor dan pusat kesehatan yang dibangunnya itu.
Sampai akhirnya masa keemasannya mulai jatuh ketika ia menjual tanah yang berada di dekat miliknya (sebenarnya bukan miliknya juga). Saat itulah pemerintah federal mendapatkan celah untuk mengusir Springer dari daerah itu. Kemudian ia dimasukkan ke dalam penjara karena izin awalnya hanyalah sebagai tempat pertambangan sehingga resort mewahnya pun ditutup. Kini yang tinggal hanya jajaran bangunan berlapis debu di tengah padang pasir.

LiatAja | Sumber: http://zamrispoon.blogspot.de/2015/04/pelik-zzyzx-nama-bandar-di-amerika-yang.html

Advertiser