Senin, 20 April 2015

Surcouf, Kapal Selam Unik Di Masa Perang Dunia Ke 2

LiatAja ~ Kini kapal selam digunakan untuk mengontrol perairan negara secara tersembunyi. Dulu kapal selam digunakan untuk tujuan intelijen ketika Perang Dingin. Tugas utama kapal selam dibuat adalah menenggelamkan kapal musuh menggunakan torpedo. Ketika Perang Dunia Kedua, kapal selam U-Boat Nazi Jerman hampir menyebabkan Inggris kelaparan karena kapal kargo dari USA yang membawa pasokan makanan ditenggelamkan oleh kapal selam Kriegsmarine.
http://www.liataja.com/2015/04/surcouf-kapal-selam-unik-di-masa-perang.html

Ketika Perang Dunia Kedua ada sebuah kapal selam aneh milik Angkatan Laut Perancis. Surcouf namanya. Ia aneh dan unik karena memiliki dua meriam kembar 8 inci di dalam rudal berputar seperti kapal laut permukaan biasa. Ini dikategorikan sebagai Underwater Cruiser karena sistem persenjataannya yang aneh. Kapal selam Jerman hanya dilengkapi meriam 105 mm. Sebuah meriam Surcouf memiliki peluru selebar 203 mm!

Ketika mulai beroperasi pada tahun 1934, Surcouf adalah kapal selam yang terbesar di dunia dengan panjang 110 meter dan 9 meter lebar. Ia memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan sebuah kapal pengintai di bagian dek belakang. Surcouf hanya dikalahkan dari segi ukuran pada tahun 1944 oleh kapal selam kelas Sentoku Kekaisaran Jepang yang berfungsi sebagai kapal selam pengangkut pesawat.

Meskipun terlihat mengerikan, Surcouf musnah dengan cara yang tidak wajar. Ia diyakini ditabrak kapal kargo milik Amerika Serikat secara tidak sengaja dekat Panama. Lokasi bangkai kapal selam raksasa dan unik ini masih tidak ditemukan sampai sekarang.

Surcouf, Kapal Selam Unik Di Masa Perang Dunia Ke 2





foto kapal perang unik | http://www.liataja.com/2015/04/surcouf-kapal-selam-unik-di-masa-perang.html
foto kapal perang unik | http://www.liataja.com/2015/04/surcouf-kapal-selam-unik-di-masa-perang.html


LiatAja | Sumber: http://blogserius.blogspot.sg/2015/04/serius-klasik-surcouf-kapal-selam-aneh.html

Advertiser