Sabtu, 16 Mei 2015

Baldwin Street, Jalan Paling Curam di Dunia

LiatAja ~Terletak di kota Dunedin, Selandia Baru, Baldwin Street dinobatkan sebagai jalan tercuram di dunia. Hal ini dikarenakan jalan-jalan yang dibangun bersebelahan dengan rumah disini mempunyai gradien yang luar biasa yaitu sekitar 19 derajat dari garis horizontal.

Kemiringan jalan ini terjadi akibat perencanaan kota yang kurang baik oleh pihak bertanggung jawab sehingga menyebabkan banyak jalan-jalan disini memiliki kemiringan yang hampir sama.

Baldwin Street diakui oleh Guinness Book of Records sebagai jalan paling curam di dunia. Jalan yang terletak di sisi utara Signal Hill, sebuah bukit yang menonjol menghadap Otago Harbour, di lereng perbandingan 1: 2,86 (setiap 2.86m lurus horizontal, ada kenaikan 1m).
 

Tidak seperti kebanyakan Selandia Baru Jalan, jalan ini tidak aspal, melainkan hanya beton saja, tar akan mengalir menuruni lereng di hari yang panas, pengemudi harus meiliki ban yang yang lebih baik di musim dingin  Dunedin.


Ada beberapa acara tahunan yang diselenggarakan di
jalan Baldwin, salah satunya Karnaval tahunan Race Jaffa di Cadbury Chocolate, di mana sebanyak 30.000 permen jeruk dengan cokelat ditengahnya, digulingkan di jalan ini.   
 
Acara besar lainnya adalah Baldwin Street Gutbuster, perlombaan ke puncak dan kembali turun lagi. Sekitar 1000 orang bersaing dalam kategori yang berbeda, namun recor yang udah ada belum ada yang sanggup memecahkannya lebih dari satu dekade terakhir. Penduduk setempat dan orang-orang dari seluruh dunia datang untuk bersaing. 

Dibutuhkan sekitar sepuluh menit, hanya berjalan sekitar 350 meter! Tapi jangan khawatir, ada air mancur minum di atas.
http://www.liataja.com/2015/05/baldwin-street-jalan-paling-curam-di-dunia.html







LiatAja | Sumber: http://www.dunedin.nz.com/baldwin-street.aspx

Advertiser