Kamis, 17 Agustus 2017

Foto Teks Asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tahun 1945

LiatAja ~ Tahukah kamu bagaimana rupa kertas + teks proklamasi asli ketika zaman dahulu saat kita merdeka? ternyata mereka belum menggunakan printer! jadi karena belum ada printer atau komputer, ditulis deh ditangan seperti yang dapat kita liataja berikut ini. 

Foto Teks Asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tahun 1945 | liataja.com

Kalimat pertama teks Proklamasi adalah saran Ahmad Soebardjo yang diambil dari rumusan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), dan kalimat terakhir disarankan oleh Mohammad Hatta. Ir. Soekarno menulis teks naskah "Proklamasi Klad", yang isinya sebagai berikut :

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.

                                                                                               Djakarta, 17 - 8 - '05
                                                                                               Wakil2 bangsa Indonesia

Namun pertanyaannya apakah jaman dulu sudah ada kamera buat potret? ya bisa jadi sudah ada, atau teksnya disimpan dulu lalu baru dipotret. 

Ternyata di teks proklamasi aja ada singkatan-singkatan. ternyata singkatan itu boleh digunakan di tempat formal ya :D kalau ada yang katakan mengapa kamu mengyingkat-nyingkat tulisan? jawab aja teks proklamasi yang begitu penting aja ada yang di singkat-singkat.

Kemudian, Mohamad Ibnu Sayuti Melik mengetik teks naskah proklamasi yang telah mengalami perubahan, yang dikenal dengan sebutan naskah "Proklamasi Otentik", yang isinya adalah sebagai berikut :

Foto Teks Asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tahun 1945 | liataja.com

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

                                                                            Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05.
                                                                            Atas nama bangsa Indonesia
                                                                            Soekarno/Hatta 

Para pejuang muda menuntut Soekarno untuk segera memproklamasikan kemerdekaan melalui radio, disusul pengambilalihan kekuasaan. Mereka juga menolak rencana PPKI untuk memproklamasikan kemerdekaan pada 16 Agustus 1945.

Di kediaman Laksamana Maeda (Jl. Imam Bonjol No. 1) para pejuang kemerdekaan melakukan rapat semalam suntuk untuk mempersiapkan teks Proklamasi. Dalam rapat tersebut dihasilkanlah konsep naskah Proklamasi dan telah disepakati konsep Soekarnolah yang diterima, kemudian disalin dan diketik oleh Sayuti Melik, dan pagi harinya tanggal 17 Agustus 1945.


Foto Teks Asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tahun 1945 | liataja.com

Foto Teks Asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tahun 1945 | liataja.com


Berhubung karena alasan keamanan pembacaan teks Proklamasi dilakukan di rumah kediaman Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta (sekarang menjadi Jalan Proklamasi No. 1). Tepat pada jam 10 pagi waktu Indonesia bagian barat hari Jum’at Legi, Soekarno yang didampingi Moh. Hatta membacakan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

LiatAja

Advertiser