Minggu, 06 Agustus 2017

Hamamiye Camii, Masjid Paling Unik Dengan Suasana Alam Sesuai Ayat Alquran

LiatAja ~ Masya Allah, konsep desain masjid yang satu ini bikin kita terkagum-kagum karena suasananya yang begitu unik. Bagaimana tidak, lihatlah dekorasi sekitarnya. Seakan-akan berada di tengah alam bebas. 

Masuklah ke Hamamiye Camii (masjid) yang indah yang terletak di kota Kırşehir, Turki tengah. Masjid ini telah menarik banyak orang untuk sholat lima waktu dari masyarakat setempat karena langit-langitnya yang unik dihiasi dengan gambar yang indah, dan hamparan sajadahnya seperti rumput; Semuanya terinspirasi oleh sebuah ayat di dalam Al Qur'an.

Awalnya dibangun pada tahun 1910 di bawah kekhalifahan Utsmani di lingkungan Yenice Kırşehir dan dinamai menurut khalifah besar umat Islam, Amir al-Mu'minin Sultan Abdülhamid II Khan; Tapi begitu puluhan tahun berlalu, masjid itu terbengkalai dan tenggelam dalam keadaan rusak parah. Dengan demikian, baru-baru ini dibongkar dan digantikan oleh Hamidiye Camii yang baru dibangun di situs yang sama.

Motif artistik di dalam masjid digambar dan dilukis oleh seorang arsitek Azerbaijan, dan pastinya telah mengumpulkan perhatian sejak dibuka tahun lalu, menarik orang-orang dari seluruh penjuru kota - dan sekitarnya - untuk melihat keindahan dalamnya, dan untuk sholat.

Masya Allah. unik sekali ya, yuk kita lihat aja foto-fotonya berikut ini:


Hamamiye Camii, Masjid Paling Unik Yang Bikin Serasa Berada di Alam Bebas | liataja.com

Hamamiye Camii, Masjid Paling Unik Yang Bikin Serasa Berada di Alam Bebas | liataja.com


Ini ia Masjid Paling Unik Yang Bikin Serasa Berada di Tengah Alam Bebas

Imam masjid, Sefa Ekinci berkata: "Ketika saya ditugaskan ke masjid ini sebagai imam, saya mulai mengumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang sejarahnya dan juga perkembangan yang telah dilakukan pada proyek baru sampai saat ini. Orang-orang yang terlibat dalam proyek tersebut mengatakan kepada saya bahwa mereka diilhami oleh Ayah (ayat) 22 dari Surah (bab) al-Baqarah dari Alquran " yang berbunyi:

"(Allah) yang telah menjadikan bumi tempat peristirahatan untukmu, dan langit sebagai kanopi, dan menurunkan air (hujan) dari langit dan membawa serta buah-buahan sebagai bekal untukmu. Maka janganlah kamu mendirikan saingan kepada Allah (dalam ibadah) sementara kamu tahu (bahwa Dia Sendiri berhak untuk disembah). "

Ekinci melanjutkan: "Kami mempersiapkan dasar masjid, lalu kami memulai lukisan dan menggambarkan air jatuh dari langit, kami juga menaruh air terjun di atas ceruk doa mihrab dan pepohonan dilukis di antara masing-masing kaca jendela di dinding. Kami benar-benar mencoba menangkap maknat ayat ke dalam desain interior masjid. "

Hamamiye Camii, Masjid Paling Unik Yang Bikin Serasa Berada di Alam Bebas | liataja.com



LiatAja | Sumber: http://ilmfeed.com/youve-probably-never-seen-masjid-like-this/

Advertiser