Kamis, 02 Juli 2020

6 Hewan Binatang Yang Juga Puasa Seperti Manusia, Bahkan Lebih Lama

LiatAjaBukan rahasia lagi bahwa setiap bulan Ramadhan tiba, semua Muslim akan berpuasa. Tujuannya adalah melatih diri Anda untuk bisa menghindari dosa di hari-hari lain di luar Ramadhan, dan juga bisa membuat kita lebih bersyukur atas segala kebaikan yang diberikan oleh Allah SWT. 

Tapi tahukah Anda bahwa puasa juga dijalani oleh makhluk hidup lain, selain manusia. Makhluk hidup yang dimaksud adalah binatang. Setidaknya, ada enam hewan yang juga melakukan puasa dalam hidupnya.

Jadi, hewan apa dan tujuan apa? Mari kita lihat informasi di bawah ini, dilaporkan today.line.me.

1. Unta
Hewan yang hidup di habitat dan gurun kering dapat berpuasa selama beberapa hari. Ini mengingat kondisi habitat mereka yang jarang ditumbuhi tanaman. Selain itu, unta juga memiliki lemak di bagiannya, yang merupakan sumber energi cadangan untuk unta setelah makan banyak makanan dan minuman.

2. Ular
Seperti unta, reptil ini juga memiliki cadangan makanan yang terletak di perut mereka. Karena itu, ular dapat berpuasa selama beberapa hari atau bahkan seminggu, jika ada banyak cadangan makanan.

Selain itu, tujuan puasa ular adalah untuk meningkatkan suhu tubuh mereka.

3. Beruang
Ini terkait dengan periode hibernasi beruang yang terkenal lama. Selama hibernasi, beruang akan tidur dan baru bangun ketika musim dingin berakhir. Atau habiskan sekitar 6-8 bulan.

Dan selama waktu itu, beruang itu berpuasa. Namun di luar hibernasi, beruang juga mampu menahan lapar dan haus hingga 3 bulan.

4. Hiu

Tak seorang pun akan mengira bahwa pemangsa laut ini juga mempraktikkan puasa dalam hidupnya.

Bahkan, ketika hiu puasa melebihi beruang, itu bisa mencapai 2 tahun. Meskipun sudah lama berpuasa, itu tidak mengurangi energi hiu. Bahkan, semakin lama hiu berpuasa, semakin gesit dan ganas saat berburu mangsa.

5. Ayam betina
Seperti hewan keempat di atas, induk ayam juga memiliki tujuan khusus dalam praktik puasanya. Yaitu dengan meningkatkan suhu tubuhnya saat mengerami telur, sehingga telur yang ia inkubasi dapat menetas dengan sempurna.

6. Siput
Ini mungkin sedikit mengejutkan kita semua. Hewan kecil ini rupanya juga menerapkan praktik puasa dalam hidupnya. Tetapi tidak seperti hewan lain, siput cepat untuk menghindari perubahan iklim, seperti musim dingin dan musim panas.

Selama waktu itu, siput akan bersembunyi di bawah tanah, dan hanya akan keluar di malam hari.
 
LiatAja | Sumber: 

Advertiser