Senin, 29 September 2014

8 Fenomena Badai Pasir Super Ekstrim Yang Pernah Terjadi di Dunia

LiatAja ~ Fenomena Badai Pasir - Alhamdulillah padang bencana semisal badai pasir jarang bahkan mungkin tidak ada di Indonesia, sehingga bagi orang Indonesia akan langka melihat fenomoen demikian. Jika badai pasir terjadi, langit bisa menjadi gelap selama puluhan menit.8 Fenomena Dahsyat Badai Pasir di DuniaIni fenomena alam yang berbahaya. Tapi sebenarnya, bukan hal yang aneh di kawasan gurun. Nah berikut ini mari kita liataja berbagai fenomena padang pasir super ekstrim yang pernah terjadi di dunia.
1. Gelombang Pasir Kotor

8 Fenomena Dahsyat Badai Pasir di Dunia http://www.liataja.com/2014/09/8-fenomena-badai-pasir-super-ekstrim.html
Gelombang Pasir Kotor
Badai pasir melaju dengan kecepatan 120 kilometer per jam di Teheran, Senin (02/06/14). Dalam kurun waktu beberapa menit, suhu menjadi lebih dingin hingga 15 derajat. Lima orang meninggal akibat badai tersebut, dan banyak yang mengalami luka-luka.
2. Kondisi Darurat

8 Fenomena Dahsyat Badai Pasir di Dunia
50.000 rumah tangga sempat tidak memiliki listrik. Setelah badai berlalu, turun hujan deras. Ahli meteorologi memperingatkan warga, bahwa masih ada kemungkinan badai pasir terjadi lagi.
3. Badai Pasir di Riyadh

8 Fenomena Dahsyat Badai Pasir di Dunia
11 Maret 2009 juga terjadi badai pasir di Riyadh, ibukota Arab Saudi. Karena cuaca buruk, lalu-lintas udara dihentikan selama berjam-jam. Banyak pengemudi yang meninggalkan mobilnya di jalan. Jarak pandang terbatas hingga beberapa meter saja.
4. Pasir Jumlah Banyak

8 Fenomena Dahsyat Badai Pasir di Dunia http://www.liataja.com/2014/09/8-fenomena-badai-pasir-super-ekstrim.html
Beberapa badai bisa membawa hingga 100 juta ton pasir. Semakin kecil partikel, semakin besar jarak yang telah ditempuh. Butiran pasir yang berat akan terjatuh lebih awal. Di gurun pada lokasi yang terlindung dari angin, secara perlahan akan terbentuk bukit pasir.
5. Jalur Pasir Sahara

8 Fenomena Dahsyat Badai Pasir di Dunia
Foto satelit NASA menunjukan badai gurun di Sahara Barat. Pasir dari benua Afrika ini akan tertiup hingga kepulauan Canaria. Ahli geologi kelautan memperkirakan, debu Sahara yang jatuh di laut juga akan mempengaruhi iklim.
6. Pasir Membunuh Terumbu Karang

8 Fenomena Dahsyat Badai Pasir di Dunia
Badai pasir juga bertanggung jawab atas 'mendaratnya' pasir Sahara di Karibia. Butiran pasir tersebut juga menyebabkan matinya terumbu karang. Dalam 30 tahun terakhir, jumlah terumbu karang di kepulauan Karibia berkurang hingga 40 persen.
7. Tembok Hijau Lawan Pasir

8 Fenomena Dahsyat Badai Pasir di Dunia
Mesir dan Cina juga sering mengalami badai pasir. Tembok pelindung dari pohon, seperti di dekat Kairo (foto), diharapkan bisa mencegahnya dampak badai yang lebih parah.
8. Tabarakan karena Pasir

8 Fenomena Dahsyat Badai Pasir di Dunia
Contoh betapa bahayanya badai pasir bisa dilihat pada pada tahun 2011 di Jerman. Di dekat kota Rostock terjadi tabrakan massal di jalan tol. Penyebabnya: Angin kencang meniupkan pasir dari ladang yang kering ke jalan tol, sehingga pengemudi tidak bisa melihat apa-apa. Delapan orang tewas dalam insiden tersebut.


Advertiser