Selasa, 08 Maret 2022

Indonesia peringkat pertama di World Giving Index (Paling Dermawan)

LiatAjaIndonesia menduduki peringkat pertama sebagai negara paling dermawan di dunia menurut Charities Aid Foundation (CAF) World Giving Index 2021.

Sepanjang tahun 2020, Indonesia mencatat total skor 69, naik dari skor sebelumnya 59 pada 2018, saat Indeks tahunan terakhir kali diterbitkan. Saat itu, Indonesia juga menduduki peringkat pertama sebagai negara paling dermawan di dunia.

Jika dibandingkan dengan negara lain, sebagian besar negara barat mengalami penurunan peringkat karena dampak dari pandemi Covid-19. Sebagai contoh, Amerika yang turun ke peringkat 19 dunia secara konsisten berada di posisi 5 besar.

Dalam laporan tersebut, lebih dari 8 orang dari 10 orang Indonesia menyumbangkan uang dan tingkat sukarelawan negara ini lebih dari tiga kali rata-rata global.

Faktor terbesar yang mendorong masyarakat Indonesia untuk mendonasikan uangnya adalah karena didorong oleh kewajiban berzakat. Laporan tersebut menunjukkan bahwa pembayaran Zakat global sangat tinggi pada tahun 2020.

Di Indonesia, ada himbauan dari otoritas agama agar masyarakat berzakat sebagai upaya membantu masyarakat yang sedang mengalami keterpurukan ekonomi akibat pandemi.

Di masa pandemi Covid-19, Indonesia juga menjadi negara dengan tingkat relawan tertinggi. Menurut Charities Aid Foundation, hal ini menunjukkan semangat Indonesia untuk selalu bekerja sama menghadapi masa-masa sulit.

Chief Executive Charities Aid Foundation Neil Heslop menjelaskan, selama pandemi ketika berbagai negara memutuskan untuk melakukan lockdown, kesediaan memberi tidak berkurang secara signifikan.

“Hasil tahun ini menunjukkan budaya memberi yang luar biasa dari sejumlah negara,” ujarnya mengutip laporan tersebut, Rabu (28/7).

Laporan tersebut juga menggambarkan bahwa 55% orang dilaporkan membantu orang asing, yang merupakan jumlah tertinggi yang tercatat selama survei tahunan.

"Di Charities Aid Foundation, kami telah melihat banyak momen kemurahan hati yang luar biasa ketika klien kami, baik individu maupun bisnis, dengan cepat menanggapi kebutuhan di lapangan, di seluruh dunia," kata Heslop.

Tiga parameter yang ditentukan melalui survey:
  • Membantu orang yang tidak dikenal (2021 Indo peringkat 26)
  • Donasi ke lembaga amal (2021 Indo peringkat 1)
  • Menjadi sukarelawan (2021 Indo peringkat 1)
Yang mengadakan adalah Charities Aid Foundation (UK).

Di laporannya, secara tidak langsung ditulis sebabnya karena adanya zakat dan budaya gotong-royong.

Hal lain yang menarik adalah, di 2018 ke belakang peringkat 1 ditempati oleh Myanmar dan/atau USA. Di 2021 kebanyakan negara maju melorot ke peringkat menengah ke bawah kecuali Australia dan New Zealand.




Peringkat 10 besar untuk 2021:
  1. Indonesia
  2. Kenya
  3. Nigeria
  4. Myanmar
  5. Australia
  6. Ghana
  7. New Zealand
  8. Uganda
  9. Kosovo
  10. Thailand

Lima terbawah:

110. Republic of Korea
111. Italy
112. Belgium
113. Portugal
114. Japan

LiatAja | Sumber:  https://www.cafonline.org/docs/default-source/about-us-research/cafworldgivingindex2021_report_web2_100621.pdf

Advertiser