Senin, 09 Mei 2022

Tata Cara Niat puasa syawal 6 hari dan ganti puasa ramadhan

LiatAja ~ Niat puasa syawal adalah “Nawaitu shauma syahri syawal sunnatan lillahi ta’ala”.

Artinya:"Aku berniat puasa sunnah Syawal esok hari karena Allah SWT."

Untuk niat puasa ganti bisa juga dengna bahasa indonesia, tapi yang namanya niat memang letaknya dihati. Untuk lafal niatnya sendiri bisa begini.

"Aku berniat berpuasa hari ini untuk mengqadha/mengganti puasa ramadhan yang lalu karena Allah".



kapan batas akhir puasa syawal 2022?

Batas akhir puasa Syawal sendiri pernah disampaikan oleh Rasulullah SAW. SDM. Muslim meriwayatkan bahwa Abu Ayyub al-Ansari mengatakan bahwa Nabi SAW berpuasa di bulan Ramadhan dan melanjutkan puasa di bulan Syawal selama enam hari.

Hal ini tercatat dalam sebuah hadits yang berbunyi, “Abu Ayyub al-Ansari radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan dan melanjutkannya dengan puasa enam hari pada bulan Syawal. akan seperti puasa terus menerus. “ (HR Muslim).

Selain SDM. Muslim yang menyampaikan sabda Abu Ayyub, ada juga riwayat lain tentang puasa Syawal yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah di bawah ini.

“Sebagaimana diriwayatkan dari Muhammad bin Ibrahim, Usamah bin Zaid biasa berpuasa di bulan-bulan suci. Rasulullah SAW kemudian bersabda, “Puasa di bulan Syawal. “Kemudian dia menunaikan puasa sampai akhir hayatnya,” (HR Ibnu Majah).

Kapan berakhirnya puasa Syawal 2022 juga bisa diketahui dari HR. Muslim yang mengungkapkan, “Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam melarang puasa pada dua hari, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha.”

Jadi, dari hadits tersebut jelas bahwa kita tidak boleh berpuasa pada tanggal 1 Syawal. Puasa Syawal dimulai pada tanggal 2 Syawal sampai enam hari kemudian. Puasa Syawal dilakukan selama enam hari selama bulan Syawal.

Batas akhir puasa Syawal adalah tanggal 30 Syawal. Disarankan untuk melakukan puasa dari hari kedua hingga enam hari kemudian di bulan Syawal.

Namun puasa di minggu kedua juga boleh, yang penting dilakukan selama enam hari di bulan Syawal. Pada Mei 2022, akhir bulan Syawal atau 30 Syawal jatuh pada tanggal 31 Mei 2022.

Selain itu, pada tanggal 14 - 16 Mei 2022, Anda dapat melakukan Puasa Ayyamul Bidh di bulan Syawal.

Tata cara puasa syawal

Adapun tata cara pelaksanaan puasa Syawal dijelaskan sebagai berikut:

1. Mulailah dengan membaca niat

Niat puasa Syawal adalah "Nawaitu shauma ghadin 'an adaa'i sunnatis Syawwaali lillaahi ta'aalaa."

Artinya: “Saya niat puasa sunnah Syawal besok karena Allah SWT.”

2. Lakukan selama enam hari

Misalnya mulai hari kedua bulan Syawal, lalu kapan akhir puasa Syawal 2022? Batas akhir adalah pada hari ketujuh bulan Syawal. Namun, jika Anda mulai pada hari ketujuh, Anda harus berakhir pada hari ke-12 bulan Syawal. Sudah bisa dimengerti ya?

Demikian Penjelasan Kapan Batas Akhir Puasa Syawal 2022. Semoga Bermanfaat Untuk Menunaikan Ibadah Puasa Syawal Anda.

LiatAja | Sumber: https://www.suara.com/news/2022/05/08/193458/kapan-batas-akhir-puasa-syawal-2022-berikut-penjelasan-dan-cara-mengerjakan-puasa-sunnah-ini?page=all

Advertiser