Rabu, 06 Mei 2015

Akibat Dari Pencemaran Air Terhadap Kehidupan Hewan

LiatAja ~ Jika kita khawatir dengan berbagai limbah yang tersebar di jalan, kita harus merasakan hal yang sama dengan berbagai limbah yang dibuang secara bebas ke perairan oleh mereka yang tidak bertanggung jawab. Korban akibat dari pencemaran air ini tidak lain adalah hewan-hewan yang hidup di sekitar perairan tersebut.

Banyak hewan-hewan yang sebenarnya menjaga kestabilan alam menjadi korban sampah dan limbah yang dibuang manusia. Mungkin selama ini kita tidak mengetahuinya karena setelah membang sampa kita tidak peduli dengan  apa yang terjadi pada sampah dan tersebut dan efek selanjutnya. Jika melihat langsung bagaimana korban dari sampah dan limbah mungkin akan menyadarkan mereka yang membuang sampah sembarangan, seperti foto-foto berikut ini

Akibat Dari Pencemaran Air Terhadap Kehidupan Hewan



Liat jaga foto sebelumnya : Gambar Berikut Ini Akan Menjadikan Anda Lebih Menghargai Air

Kepala Anjing Laut terikat dengan sisa pukat


 Sisa plastik dalam perut burung


Kura-kura membesar dengan cacat kerana badannya tersangkut pada sampah plastik.
Anjing laut ini tidak mempunyai jari untuk membuang sampah plastik ini dimulutnya..


Burung terendam ke dalam sisa minyak

Mereka coba memakan sampah-sampah ini kerana menganggapnya makanan.

Cara Mengatasi Pencemaran Air yang Efektif

• Mempertahankan sumber-sumber air bersih yang belum tercemar.
Sumber air yang masih bersih hendaknya tetap dipertahankan kebersihannya. Jangan sampai ikut tercemar, karena jika sudah tercemar akan sulit membersihkannya.

• Menanam tanaman-tanaman berkayu tebal.
Tanaman-tanaman yang berkayu tebal adalah tanaman yang dapat menyerap air dengan baik. Dengan begitu, persediaan air tanah mencukupi dan sumber air bersih dapat terjaga.

• Tidak membuang sampah ke sungai.
Jika sampah yang dibuang dari satu rumah tangga masuk ke sungai saja sudah mengotori sungai. Bagaimana halnya jika setiap rumah tangga yang ada di Indonesia membuang sampah rumah tangga mereka ke sungai. Sungai menjadi sangat kotor dan tercemar. Pendangkalan sungai pun terjadi yang akhirnya dapat menyebabkan banjir. Banjir mengalirkan air tercemar ke kawasan pemukiman yang dapat menyebabkan wabah penyakit, seperti diare, penyakit kulit, dan lain sebagainya.

• Mendaur ulang semua sampah yang bsa didaur ulang.
Sampah yang bisa didaur ulang usahakan untuk didaur ulang. Tidak membuangnya ke sungai atau got. Hal ini dilakukan agar perairan di sekitar masyarakat tidak tercemar. Jika tercemar, biasanya menimbulkan bau tidak sedap. Hal ini sangat menganggu masyarakat dalam menjalankan aktivitas mereka.

• Penyuluhan pembuangan limbah industri.
Industri-industri yang mengeluarkan limbah cair hendaknya diberi penyuluhan agar mereka melakukan pengolahan limbah sebelum dibuang ke sungai. Ini perlu pengawasan ketat dari pemerintah karena sampai saat ini, masih banyak Industri-industri yang membuang limbah cairnya begitu saja ke sungai. Mereka tidak menghiraukan dampak yang akan timbul pada masyarakat yang hidup di area tersebut.

• Penyuluhan bagi pengguna transportasi laut.
Bagi masyarakat pengguna transportasi lautan hendaknya diberikan penyuluhan agar memastikan kendaraan mereka tidak bocor agar tidak mencemari air laut.

• Peraturan yang tegas kepada para pengusaha minyak.
Peraturan tersebut dibuat agar tidak membuat kilang minyak dekat pemukiman penduduk. Kilang-kilang minyak hendaklah didirikan sejauh mungkin dari kawasan pemukiman, agar tidak membahayakan masyarakat sekitar. Jika terjadi kebocoran minyak yang mencemari laut, maka binatang-binatang laut akan terganggu ekosistemnya.

• Pemerintah hendaknya membuat peraturan yang tegas untuk pembuangan limbah beracun.
Dengan peraturan yang ketat, maka para pengusaha akan berpikir berulang kali untuk membuang limbah cairnya begitu saja. Pengolahan limbah yang mahal sudah menjadi risiko mereka sebagai pengusaha.
Demikianlah penjelasan dari artikel, Sebab dan akibat pencemaran air serta cara mengatasinya. Semoga dapat bermanfaat.

LiatAja | Sumber: http://www.siakapkeli.my/2015/05/gambar-kesan-dari-pencemaran-air-yang.html

Advertiser