Rabu, 14 Desember 2022

Bagian Tubuh Manusia Yang Mana Yang Paling Bergizi?

LiatAja ~  Anda sedang dalam perjalanan untuk naik pesawat.Selama perjalanan, terjadi kerusakan mesin yang menyebabkan pilot melakukan pendaratan darurat di sebuah pulau kecil dan kosong yang hanya berisi pasir.

Setelah beberapa hari menunggu, masih belum ada bantuan yang datang. Pasokan makanan dari pesawat semakin berkurang.

Untuk memastikan kelangsungan hidup, beberapa orang yang cukup beruntung berada di sana menyarankan agar kelompok penyintas mulai menjadikan daging penumpang sebagai perpanjangan hidup, dengan pemungutan suara untuk memutuskan siapa yang akan menjadi lauk.

Bagian mana yang tampaknya paling bergizi, untuk memastikan hidup Anda terjaga dan bisa kembali ke rumah dengan selamat?


Studi tentang nutrisi tubuh manusia


Sejak zaman dahulu, kebiasaan memakan daging manusia telah menjadi suatu perbuatan yang menarik minat masyarakat untuk mengetahuinya.

Tapi jika kita benar-benar dalam situasi seperti itu, lebih banyak orang yang akan muntah jika mereka harus melakukannya.

Meskipun kita mungkin merasa jijik, ada penelitian tentang manfaat daging manusia yang dilakukan oleh para peneliti; yang tidak hanya menentukan bagian mana yang paling 'sehat' untuk Anda makan, tetapi juga yang akan memberi Anda energi paling banyak.

Dalam semua penelitian tentang praktik kanibalisme, sulit menemukan satu jawaban untuk satu pertanyaan; apakah orang yang melakukan kanibalisme melakukannya karena keyakinan saja atau mereka merasa ada nilai gizinya lalu mempraktekkannya?

Jika orang-orang yang mempraktekkan kebiasaan ini melakukannya karena mereka percaya pada nutrisi yang terkandung dalam tubuh manusia - kita perlu memahami mengapa bahkan di era modern, suku kanibal terus makan dengan cara ini.

Itulah yang coba dijawab oleh seorang peneliti dari University of Brighton, United Kingdom, mengidentifikasi nutrisi yang terkandung dalam tubuh kita sesuai dengan bagian atau organ yang tersedia.

Karena dalam sejarah penelitian terkait masyarakat yang mempraktekkan kanibalisme, ada dua 'aliran' tentang bagaimana daging manusia diatur.

Ada komunitas yang benar-benar membahas setiap potong daging yang tersedia untuk dimakan. Sedangkan kelompok lain, hanya memotong bagian tertentu secara acak tanpa proses lapah terjadi secara sempurna.

Data lama yang perlu digunakan kembali


Karena kondisi etika penelitian yang berubah di era saat ini, tidak ada lagi metode hukum yang dapat digunakan bagi kita untuk dapat menjawab pertanyaan tentang nilai gizi manusia yang sebenarnya.

Kelompok penelitian saat ini harus mengandalkan data lama yang diperoleh, sedangkan dunia medis masih diperbolehkan mempelajari semua aspek tubuh manusia (demi ilmu pengetahuan!) untuk mendapatkan data yang diinginkan. Situasi yang sama tidak bisa lagi dipraktikkan sekarang.

Dengan menggunakan studi sebelumnya yang dibuat berdasarkan tubuh manusia yang telah disumbangkan untuk penelitian, studi tersebut berhasil merumuskan dua bagian otot, yaitu paha dan kulit, sebagai bagian dengan nilai kalori tertinggi, yaitu 13.000 dan 10.000. Itu tidak mengejutkan.

Jika perlu dimasak sebagai sup, kaldu tulang kerangka manusia bisa memberikan hingga 25.000 kalori. Jaringan dalam tubuh kita menawarkan sekitar 49.950 kalori jika dibutuhkan untuk makan.

Organ dalam seperti hati, ginjal, otak dan sebagainya hanya memiliki nilai kalori yang rendah, tidak cukup bagi seseorang untuk bertahan hidup hanya dengan memakannya.

Sedangkan organ tubuh yang terlalu rendah nutrisinya antara lain organ seperti pankreas, limpa dan tentunya gigi manusia yang hanya 'menawarkan' sekitar 36 kalori jika dimakan.

Kita bukan makanan bergizi

Sekalipun temuan penelitian semacam ini terdengar lucu atau menakutkan bagi Anda, kita perlu tahu;

Jika kita memang harus duduk dalam keadaan kritis hingga ada kebutuhan untuk menyentuh daging manusia lain, nutrisi yang tersedia tidak cukup jika kita bandingkan dengan makanan yang kita makan.

Dari hasil penelitian peneliti sebelumnya, rata-rata tubuh pria menghasilkan sekitar 30 kg daging, namun hanya memiliki nilai protein yang rendah dan total sekitar 18.000 kalori.

Jika satu orang melayani sebagai makanan untuk 60 penumpang yang terlantar, para pengunjung tidak akan memiliki cukup kalori hanya untuk memenuhi diet minimal mereka.

Hal ini dikarenakan nilai gizi tubuh manusia jauh lebih rendah dibandingkan dengan gizi yang terkandung pada hewan lain yang biasa disembelih untuk dimakan. Seekor sapi potong dapat menawarkan sekitar 367.200 kalori, rusa 163.680 kalori, dan babi 324.000 kalori.

Studi yang berhasil dilakukan juga menemukan bahwa kebiasaan kanibal masyarakat di masa lalu, lebih didorong oleh ritual dan kepercayaan masyarakat, daripada kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Jika Anda benar-benar terdampar di sebuah pulau dan hanya memakan manusia lain, saran kami pastikan Anda memegang bagian paha karena bagian tersebut mengandung sumber nutrisi paling tinggi dan mampu membuat Anda kenyang lebih lama. jumlahnya sangat sedikit - karena banyak yang harus dikorbankan untuk mendapatkan persediaan makanan yang cukup.

LiatAja | Sumber: https://www.thesun.co.uk/sport/20488873/referees-fifa-world-cup-salary-paid/

Advertiser