Kamis, 15 Desember 2022

6 Tanda Kamu Tidak Berbakat Dalam Karir Politik

LiatAja ~  Medan politik yang penuh intrik, menarik untuk ditelaah dari luar pagar.

Karier ini menuntut seseorang untuk memiliki sifat licik, penuh trik dan tipu muslihat, meskipun di dunia nyata ia adalah orang yang berpikiran bersih; belum lagi dalam mengarungi dunia politik Malaysia yang kompleks dan tidak dapat diprediksi.

Apakah Anda tertarik untuk membangun karir sebagai politisi? Sabar. Jika kita ingin menjadi politisi, kita harus membuang sebagian sikap kita. Inilah enam sikap yang sering dimiliki orang biasa seperti kita, yang tidak membuat kita memenuhi syarat untuk memasuki medan perebutan kekuasaan.


1. Tulus dalam simpati kami


Simpati dalam politik, berbeda dengan simpati masyarakat biasa.

Dalam simpati politik, kita bisa bersimpati dengan pihak lain, baik itu sama atau lawan, selama simpati kita padanya tidak merusak posisi kita.

Simpati juga menjadi senjata utama politisi untuk mengarahkan dukungan kepada mereka, karena mereka tahu bahwa simpati publik terhadap jatuh bangun politisi yang 'berjuang' untuk rakyat itu tulus.

Kami orang biasa tulus dalam mengungkapkan simpati kami dalam situasi seperti itu. Politisi tahu kapan harus menunjukkan simpati, karena simpati dalam politik perlu dikontrol dan diawasi.

Simpati adalah alat yang cukup ampuh untuk membentuk persepsi, asalkan digunakan pada waktu yang tepat.

2. Takut memanfaatkan orang lain

Jika Anda pernah mengalami pengalaman menjadi kepala departemen atau satu bagian kerja, Anda pasti merasa kasihan mengarahkan bawahan kita.

Kami akan berpikir bahwa dia juga memiliki istri dan anak, seorang suami yang perlu lebih diperhatikan daripada pekerjaan. Saya ingin berpikir, pada akhirnya kitalah yang melakukan semuanya.

Sebagai politisi di Malaysia, kita perlu menghilangkan rasa malu untuk memanfaatkan orang untuk memastikan tujuan kita terlaksana.

Kita sebagai orang awam mungkin melihat rombongan mobil Menteri dalam jumlah banyak di jalan menghambur-hamburkannya, tapi kalau fasilitasnya ada dan semuanya sudah disiapkan demi keselamatan kita... apa salahnya kita pakai itu?

Apakah ada fasilitas helikopter? Mengapa tidak menggunakannya? Partai memiliki banyak anggota muda? Apa salahnya memeras tenaga dan tenaga mereka untuk mengibarkan bendera.

Orang biasa mudah merasa bersalah karena menggunakan kekuatan orang lain untuk keuntungan mereka sendiri. Tapi bagi politisi yang solid, itu hal yang wajar dan kelebihan pendukung atau fungsionaris yang banyak harus dimanfaatkan secara maksimal.

3. Takut mengecewakan orang lain


Siapa pun yang pernah mengeluarkan seseorang dari pekerjaan karena masalah disipliner atau masalah keuangan perusahaan tahu betapa sulitnya melakukannya.

Lagi pula, jika dia memohon, kami mencabut keputusan dengan berbagai alasan. Kami orang biasa tidak dapat membuat keputusan yang tepat yang menyakitkan.

Jika Anda ingin menjadi politisi yang baik, Anda harus berani mengambil keputusan seperti itu dengan wajah malas, terlepas dari kenyataan bahwa hati dan jiwa Anda hancur.

Keputusan yang sulit dan akan mengecewakan orang lain perlu dibuat dengan cepat, tepat dan segera - bahkan jika dia yang ingin disingkirkan, mungkin sudah lama bertengkar dengan kita atau lebih buruk lagi, sahabat kita.

4. Berpikir Mengakui kesalahan adalah langkah terbaik

Sifat apa yang paling dibenci orang ketika berbicara tentang politisi di Indonesia?

Adalah ilegal bagi mayoritas untuk mengakui kesalahan dalam satu hal, meskipun itu buruk. Mengapa?

Ini karena para politisi tahu bahwa jika mereka mengakui kesalahan, dampak dan dampak buruk dari pengakuan itu terhadap reputasi mereka jauh lebih besar daripada sekadar menjadi bodoh.

Jika mereka bertindak bodoh bahkan jika mereka melakukan kesalahan, dalam satu atau dua minggu orang akan mulai beralih ke masalah lain dan melupakan apa yang ditanyakan sejak awal.

Kami berpikir sebaliknya, bukan? Jika kita ketahuan melakukan kesalahan, kita dididik untuk mengakui kesalahan, menerima hukuman dan berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama lagi. Politisi Malaysia terutama selama dia bisa berputar, dia akan berputar dan mencoba mengembalikan dukungan kepadanya.

5. tidak fleksibel

Setiap masalah memiliki banyak solusi.

Bagi kita orang biasa, kita akan menemukan jalan yang tidak menimbulkan banyak masalah dan diterima secara umum. Namun bagi politisi, prinsip ini tidak berlaku.

Secara khusus, seorang politikus yang mempraktekkan filosofi tujuan menghalalkan cara, setiap masalah yang muncul dapat diselesaikan dengan berbagai jenis varian dan variasi tindakan yang berbeda, asalkan ia mau mengambil sikap supra-fleksibel.

Bagi politisi, tidak ada gunanya mengulang strategi yang sama setiap saat hanya karena 'itu prinsip kami.'

Ada kalanya langkah yang lebih luwes perlu dipraktikkan sekalipun ideologi kita perlu disingkirkan, agar arah kita bisa ditekuk, dilengkungkan dan diputar; selama tujuan kita berhasil.

6. Suka memberontak

Jika Anda pernah berkecimpung di bidang politik, Anda pasti tahu bahwa kelompok yang mudah diperbudak adalah bawahan yang lugu secara politik.

Bagi bawahan seperti ini, apapun tujuan dan arah yang ditentukan partai akan dipatuhi. Sebab, disadari atau tidak, setiap partai politik memang menetapkan sifat 'kenaif' sebagai kewajiban.

Tidak percaya? Coba lihat formulir keanggotaan partai. Mayoritas membutuhkan komitmen anggota untuk mengikrarkan kesetiaan pada fokus dan arah partai, tanpa pertanyaan. Itulah syarat utama yang harus dipenuhi jika ingin berpolitik.

Jika Anda suka melawan, keras kepala dan suka membantah semua keputusan pemimpin, yakinlah bahwa Anda tidak cocok untuk memasuki gerakan politik.

Orang seperti ini akan dipandang sebagai kanker yang dapat merusak kesatuan ideologi partai karena membawa sikap menentang pemimpin. Anda lebih baik menemukan komunitas yang menyukai Anda, buat gerakan LSM yang independen secara politik untuk memperjuangkan apa yang Anda minta.

Sebuah partai politik hanya dapat berhasil jika mayoritas anggota setuju dengan tujuan yang ditetapkan oleh pimpinan atau pengurus pimpinan partai. Itu adalah konsep dasar yang tidak dapat diubah dan sulit diterima oleh banyak orang awam.

LiatAja | Sumber: 

Advertiser