Rabu, 27 Maret 2024

Teknik Relaksasi 4-7-8 dari Dokter Bisa Bikin Kamu Tidur Nyenyak dalam Sekejap

LiatAjaMengalami kesulitan tidur? Dokter Andrew Weil telah berbagi teknik relaksasi "paling powerful" yang dia ketahui, dan tidak memerlukan peralatan atau biaya sepeser pun. Teknik ini dikenal sebagai metode 4-7-8 dan didukung oleh ilmu pengetahuan.



Dr. Weil adalah ahli dalam bidang pengobatan integratif dan pendiri serta direktur dari Andrew Weil Center for Integrative Medicine di University of Arizona.

Tekniknya sederhana:
  1. Tarik napas melalui hidung Anda sambil menghitung sampai 4.
  2. Tahan napas Anda sambil menghitung sampai 7.
  3. Keluarkan napas sambil menghitung sampai 8.
Dr. Weil mengatakan bahwa metode ini menciptakan "keadaan kesadaran yang sangat menyenangkan" yang mungkin tidak Anda alami pada percobaan pertama, tetapi akan datang sebagai "penghargaan" dari latihan teratur. Dr. Weil menekankan bahwa teknik 4-7-8 adalah sebuah latihan, dan Anda harus melakukan empat siklus napas setidaknya dua kali sehari untuk mendapatkan manfaatnya. "Setelah sebulan, Anda bisa meningkatkan menjadi 8 siklus napas jika Anda merasa nyaman," tambahnya, itu adalah "maksimum mutlak."

Dr. Weil mengatakan bahwa melakukan praktik ini selama 4 hingga 6 minggu dapat menurunkan denyut jantung, meningkatkan tekanan darah, pencernaan, dan sirkulasi, serta dapat mempromosikan tidur. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Physiological Reports setuju, mengatakan bahwa praktik teknik 4-7-8 mengurangi denyut jantung dan tekanan darah selama beberapa menit.

Ini juga cara yang mudah untuk membantu Anda tidur. "Jika Anda bangun tengah malam karena alasan apa pun, itu adalah teknik anti-kecemasan yang paling efektif yang pernah saya temukan," kata Dr. Weil.

LiatAja

Advertiser